NEWS

News
image
5 Tips Agar Anda Betah Work From Home
Oleh Jowell ( 20/04/2020 )


Work From Home
dapat membuat anda merasa bosan dan malas bekerja. Namun bisa memberikan efek sebaliknya, yaitu membuat Anda merasa lebih bersemangat dan menjadi lebih produktif dalam pekerjaan anda.

Istilah Work From Home tentunya menjadi tidak asing lagi bagi Anda sejak pandemi virus corona menyebar di Indonesia. Sebelumnya, kita menganggap bahwa Work From Home hanya bisa dilakukan oleh mereka yang bekerja di bidang IT atau di dunia startup yang memang menawarkan fleksibilitas. Namun sekarang, kita semua diwajibkan untuk Work From Home untuk menekan angka penyebaran agar pandemi ini dapat segera berakhir.

Tapi ternyata banyak pula adaptasi yang ternyata perlu dilakukan untuk memastikan bekerja dari rumah ini sama produktifnya dengan bekerja di kantor seperti hari normal lainnya karena tentu saja walaupun namanya bekerja dari rumah, tanggung jawab atas pekerjaan kita masih sama seperti saat kita di kantor. Dan walaupun dilakukan di rumah, tetap saja kita harus bekerja, bukan bersantai di rumah seperti liburan pada akhir minggu.

Nah, Jowell.id memiliki beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk lebih nyaman saat menjalani Work From Home, berikut ini tipsnya :

1. Bangun pagi, selayaknya anda akan berangkat ke kantor


Walaupun Anda tidak lagi perlu pergi ke kantor, bukan berarti Anda tidak perlu bersiap-siap. Mulailah dengan mandi, mandi di pagi hari memberikan banyak manfaat positif bagi tubuh.
Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine disebutkan kalau mandi air dingin membantu melatih saraf untuk tahan terhadap stres dan meningkatkan fokus. Mandi air dingin dapat membuat kamu lebih tenang dan dapat menstabilkan emosi.

Setelah itu persiapkan diri, berdandan dan berpakaian rapi seakan Anda akan ke kantor untuk menambah semangat bekerja. Ingat, sewaktu-waktu bos atau teman kantor dapat mengajak anda untuk video call untuk meeting atau sekedar berdiskusi, jadi itulah salah satu alasan mengapa berpenampilan yang baik saat bekerja di rumah juga penting.

Kalian memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri di pagi hari, karena dengan work from home, waktu yang biasanya dihabiskan untuk perjalanan pergi dari rumah ke kantor dan juga sebaliknya, dapat Anda gunakan untuk hal lainnya. Anda dapat berkreasi saat menyiapkan sarapan dan menikmatinya dengan tenang bersama seluruh anggota keluarga, atau sambil menonton berita untuk memantau keadaan terkini dengan lebih santai. Masa-masa seperti ini mungkin yang selama ini anda rindukan, tapi karena terlalu sibuk bekerja atau keadaan jalanan Jakarta yang padat, membuat anda harus terburu-buru melakukan kegiatan di pagi hari.

Nah, bagi anda yang suka berolahraga pagi namun tidak pernah memiliki waktu, jadikanlah kesempatan ini untuk merealisasikannya. Faktanya, selain membuat tubuh lebih sehat, berolahraga di pagi hari juga dapat meningkatkan mood seseorang. Ada banyak olahraga singkat online yang dapat Anda ikuti seperti HIIT, Zumba, Yoga ataupun meditasi di pagi hari untuk menenangkan diri yang ditawarkan oleh SANA studio, TRAINSTATION studio, Aprishi Allita dan Alder Fitness Boutique

Bangun pagi anda akan menjadi kaya makna dan berwarna, sehingga bekerja dari rumah terasa nyaman dan menyenangkan.

2. Siapkan area bekerja yang nyaman


Anda tidak perlu repot untuk mengubah 1 ruangan khusus menjadi kantor. Tapi akan lebih baik jika Anda memiliki 1 set meja dan kursi kerja, yang terletak di ruangan yang cukup tenang untuk Anda berkonsentrasi saat bekerja. Hindari bekerja di atas ranjang atau di kamar tidur Anda karena fokus dalam bekerja bisa menurun.
Sebagai pekerja, duduk di kursi selama berjam-jam merupakan rutinitas yang tak dapat dihindari, baik itu di kantor maupun saat ini di rumah. Kesibukan pekerjaan yang begitu menyita waktu hingga tak menyadari posisi duduk yang salah dapat menyebabkan nyeri di punggung, leher, dan bahu. 

Melihat kemungkinan Anda akan bekerja dari rumah dalam waktu yang cukup lama dikarenakan pandemi virus corona ini, tentunya akan lebih baik jika Anda memiliki kursi kerja yang nyaman untuk bekerja seharian.

Working chair kursi kerja

Di Era ini, kursi kerja telah mengalami perkembangan. Ada beragam
jenis kursi kerja yang diciptakan agar membuat pengguna merasa nyaman duduk di atasnya. Salah satunya yang tak boleh dilewatkan adalah kursi ergonomis. Jauh berbeda dengan kursi kerja biasa, kursi ergonomis adalah kursi yang dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan duduk penggunanya. Tak heran, kursi ergonomis biasanya dilengkapi dengan berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh kursi-kursi biasa.

Semua kelebihan ini dibuat agar penggunanya merasa nyaman dan betah duduk berlama-lama diatasnya. Bahkan bukan hanya lebih sehat dan postur tubuh akan terjaga, kursi ergonomis disebut-sebut mampu meningkatkan produktivitas kerja. Jowell menyediakan berbagai pilihan produk kursi kerja baik mesh chair ataupun leather chair  yang siap memenuhi kebutuhan Anda.

Salah satu rekomendasi kami, pilihlah kursi dengan bagian belakang sandaran high seperti Jowell MC 905 atau medium seperti Jowell MC 920 agar Anda dapat bersandar dengan nyaman selama bekerja karena Anda akan duduk di kursi ini sepanjang waktu. Nah, saat ini Jowell.id sedang mengadakan promo #wfhSALE di platform instagram mereka, solusi tepat untuk melengkapi kebutuhan work from home kalian. 

Selain kursi yang nyaman, Anda juga bisa sedikit menghias meja kerja Anda dengan hal-hal yang membuat Anda bersemangat saat bekerja seperti motivational quotes. Pastikan juga anda menyimpan dan menata segala hal yang sekiranya  Anda butuhkan saat bekerja seperti charger laptop, charger handphone, notebook, dan alat tulis di storage yang tepat. Sediakan juga air minum di dekat Anda untuk menjaga tubuh dari dehidrasi dan tetap fokus saat bekerja.

3. Ciptakan suasana bekerja yang Anda sukai


Bekerja sendiri dirumah atau di ruangan yang terlalu sepi, terkadang akan terasa mencekam. Mungkin Anda harus mengubah suasana area kerja Anda.

Apakah Anda tipe orang yang suka mendengarkan musik saat bekerja? Inilah saat yang tepat bagi Anda untuk bekerja dengan musik tanpa takut mengganggu rekan kerja. Anda dapat memutar playlist favorit Anda, mendengarkannya menggunakan headset, atau langsung dari speaker laptop, atau bahkan menggunakan speaker tambahan seperti Harman Kardon Onyx Studio ataupun Bose Home Speaker 300. Design speaker yang juga minimalis tentunya akan membuat tampilan area kerja Anda semakin menarik.

Selain itu, bekerja dengan suasana yang harum dan segar juga tentu akan membuat kita nyaman. Terlebih untuk Anda penggemar wewangian, bekerja dengan suasana yang harum, akan pasti akan membuat mood kalian lebih baik dan betah berlama-lama di area kerja. 

Nah, Anda dapat menggunakan wewangian dari lilin yang dibakar ataupun diffuser ataupun dengan Scented Candle. Berikut ini beberapa list local brand yang bisa Anda lihat,  Duft and Chandelle, Kaminari atau Sciesa. Selain bentuknya yang cantik, wewangian dari scented candle mereka awet dan tahan lama. Jika Anda penggemar essential oil, Anda bisa coba mencampurkan oil Lavender, Cedarwood dan Vetiver untuk Anda diffuse. Campuran ketiga oil ini dipercaya dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi Anda selama bekerja.


4. Makan siang bersama kerabat atau sahabat dengan fitur Video Call


Saat makan siang tiba, pasanglah alarm atau reminder pada handphone kalian sebagai pengingat jam makan siang telah tiba. Coba tinggalkan rutinitas bekerja Anda dan bersantailah selama 1 jam, sama seperti jam makan siang yang Anda dapatkan jika berada di kantor. 

Salah satu hal seru yang dapat Anda lakukan adalah video call dan bersosialisasi beramai-ramai bersama rekan kerja sambil makan siang di rumah masing-masing menggunakan Zoom atau Google Hangout sehingga Anda tetap merasa seperti sedang berada di kantor bersama mereka. 



Terlebih apabila Anda memiliki kepribadian yang
extrovert, tentunya keadaan bekerja dari rumah yang lebih sepi dan menyendiri akan menjadi perubahan yang cukup drastis untuk Anda. Orang-orang ekstrovert tentunya cocok untuk bekerja yang lebih banyak berinteraksi dengan orang lain karena kepribadian jenis ini lebih suka bergaul dan dalam keramaian. Lalu, bagaimana cara seorang extrovert menjalani work from home?

Jika di kantor, Anda selalu bisa mengobrol dengan rekan kerja mulai dari urusan pekerjaan hingga urusan lainnya. Dengan bekerja dari rumah, hal ini juga dapat dilakukan karena saat ini banyak sekali fitur chat channels seperti Slack yang digunakan oleh perusahaan sebagai media komunikasi utama para karyawannya. Anda bisa membuat grup atau langsung berbicara secara pribadi dengan rekan kerja. Grup yang dibuat pun biasanya bervariasi mulai dari yang berhubungan dengan pekerjaan, hingga sesuatu yang random. Dengan begini, Anda akan selalu merasa terhubung dengan rekan kerja walaupun tidak bertemu secara langsung.

Jadi, untuk Anda yang extrovert, tenang saja, kalian tetap dapat memenuhi kebutuhan kalian untuk berinteraksi dengan orang lain.

Tidak hanya sebatas pekerjaan, tapi sekedar obrolan ringan seputar promo pesan makan lewat GrabFood atau GoFood yang sekarang sedang memberikan banyak sekali promo dari berbagai restoran pilihan hingga 60% juga dapat menjadi topik yang menarik loh!

5. Disiplinlah terhadap waktu kerja Anda


Bekerja #dirumahaja artinya ada waktu-waktu yang harus Anda sesuaikan. Apabila biasanya anda bertanggung jawab terhadap bos di kantor. Kini, anda juga bertanggung jawab pada diri sendiri, pasangan, ataupun orang di rumah, karena tentunya akan ada beberapa aktifitas yang pasti dilakukan bersama.

Jika jam kantor Anda Pk. 09.00 - Pk 18.00, maka mulailah duduk di meja, bukalah laptop Anda untuk bekerja pada Pk 09.00, lalu tutup laptop Anda dan tinggalkan area bekerja Anda pada Pk. 18.00. Strategi ini perlu dilakukan agar Anda tetap mendapatkan work-life balance dan merasa hidup Anda lebih teratur, sama seperti saat Anda bekerja di kantor. Saat jam kerja berlangsung, pastikan Anda bekerja dengan produktif, bukan malah asik bermain handphone atau menonton TV, agar segala pekerjaan Anda tetap dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Maka dari itu, perangkat, area dan suasana kerja memiliki peran penting, sehingga kita pun dapat disiplin dan betah melakukan work from home.


Dicipline or overtime

Dengan bekerja pada jam yang sama alias disiplin waktu, Anda juga mempermudah komunikasi dengan rekan kerja karena Anda sama-sama bekerja di waktu yang sama. Bayangkan jika Anda menggunakan waktu kerja Anda untuk hal lain, lalu saat Anda mulai bekerja di waktu yang tidak seharusnya dan Anda membutuhkan rekan kerja, akan banyak waktu yang terbuang dari pihak Anda ataupun rekan kerja untuk saling menunggu.

Selamat mencoba dan buktikan kepada bos Anda bahwa bekerja di rumah bukanlah hal yang patut untuk ditakuti. Dengan produktivitas yang sama atau bahkan lebih baik dari yang Anda miliki di kantor, Anda akan dapat menghindari PHK yang marak terjadi di masa pandemi seperti ini dan tetap menikmati keuntungan Work From Home seperti menghindari kemacetan di jalan dan memiliki waktu yang lebih banyak dengan keluarga Anda di rumah. Stay safe dan selamat mencoba!