NEWS

News
image
Cara Mendekorasi Ruangan Kantor Tanpa Jendela
Oleh Jowell ( 03/12/2019 )

Seharusnya tempat kerja yang ideal memiliki jendela yang memungkinkan pencahayaan alami masuk secara memadai. Akan tetapi, tidak sedikit pula, ruangan kantor yang dibuat bersekat atau berupa bilik tanpa jendela.

Jika ruang kerja Anda tidak memiliki jendela, jangan khawatir! Sekalipun tidak memiliki cahaya alami yang masuk, Anda masih bisa menciptakan sebuah ruang kerja yang indah dan nyaman untuk bekerja atau mendapatkan ide-ide yang cemerlang. Yuk, langsung simak cara mendekorasi ruangan kantor tanpa jendela berikut!

1.  Menambahkan Sekat Kaca

Bilik atau sekat yang terbuat dari material tebal umumnya hanya membuat ruangan kerja tampak sumpek atau sempit. Jadi, ide dekorasi ruang kantor yang bisa Anda terapkan adalah menambahkan sekat/ bilik transparan atau dari kaca.

Biasanya, ruangan sekat kaca ini adalah mereka yang bekerja persis di tengah area kantor, sehingga tidak memiliki jendela. Hanya dengan sedikit perubahan sekat ini, Anda akan melihat perubahan besar dan membuat ruang kerja menjadi lebih terang, segar, dan menyenangkan.

2.  Pilih warna cat baru

Cara terbaik untuk “mencerahkan” ruang kerja yang gelap tanpa jendela adalah mengganti warna cat dinding. Sekalipun warna putih menjadi warna favorit, jika pencahayaannya tidak tepat, maka bisa membuat ruangan terkesan lebih gelap.

Pilihlah warna lain yang bernuansa hangat. Misalnya, warna abu-abu pastel, merah muda lembut, atau biru muda.

3.  Sesuaikan pencahayaan

Menggunakan lampu neon, hanya akan membuat ruang kantor tanpa jendela menjadi terlihat kusam dan gelap. Hindari menyalakan lampu overhead, tetapi manfaatkan lampu yang bercahaya lebih hangat.

Anda juga bisa menambahkan lampu tersembunyi. Misalnya, menempatkan lampu kecil yang tersembunyi di belakang rak buku atau lemari arsip untuk menciptakan lebih banyak efek cahaya.

4.  Buat ilusi jendela

Jika Anda memiliki ruang kantor tanpa jendela, mengapa tidak membuat seolah-olah ada jendela? Berikan kesan atau ilusi terdapat jendela besar setinggi langit-langit hingga lantai dengan menambahkan tirai.

Tirai akan menjadi focal point atau emphasis ruangan terutama jika dipasang mengelilingi seluruh area dinding. Hal ini akan menciptakan ilusi bahwa ada lebih banyak ruang dibalik dinding, meskipun ketika sebenarnya tidak ada.

5.  Memasang cermin

Cermin yang ditempatkan dengan tepat dapat membuat ruangan kecil tampak jauh lebih besar. Tidak hanya membuat “jendela” tiruan, tetapi cermin juga bisa membuat ruangan terasa lebih luas dan lapang.

Cermin juga dapat memantulkan sebagian cahaya, sehingga membantu membuat ruangan terasa cerah dan hangat.