NEWS

News
image
Kursi Kerja Yang Tepat Dan Nyaman Sesuai Dengan Kebutuhan
Oleh Jowell ( 29/04/2020 )


Setiap harinya kita menghabiskan waktu minimal 9 jam untuk bekerja. Artinya sepanjang bekerja, kalian akan duduk diatas kursi, meskipun ada kegiatan makan siang,
meeting, event ataupun dinas diluar kantor, tetap saja sebagian besar Anda menghabiskan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan sambil duduk.
 

Saat kita bekerja, tidak terlalu banyak perhatian yang kita berikan terhadap kursi yang kita gunakan setiap hari. Kita tidak begitu memperdulikan bentuk kursi, tinggi rendahnya, ada atau tidaknya sandaran tangan ataupun pedal untuk menaik turunkan kursi, juga bentuk dan sandaran kursi itu sendiri. Mungkin juga karena kursi memang telah disediakan oleh kantor, sehingga kita tidak bisa memilih.

Padahal tanpa kalian sadari, intensitas kegiatan bekerja sambal duduk seperti ini, dapat membuat tubuh terasa tidak nyaman, leher mudah pegal, sakit pinggang dan berdampak pada postur tubuh Anda. Maka dari itulah, Kenyamanan dan postur tubuh saat bekerja menjadi hal penting yang perlu dipertimbangkan untuk dijaga. 
 

Saat ini beragam produsen meluncurkan furniture kursi kantor dengan fitur menarik. Sudah tahukah Anda, kursi kerja memiliki berbagai spesifikasi, berdasarkan fungsi, bahan, dan jenis? Nah, sebelum tergiur dengan sederetan kursi kantor dengan berbagai komponen canggih tersebut, ada baiknya Anda pelajari dahulu kriteria ideal dari sebuah kursi kerja.



Tipe kursi menurut fungsinya


Secara garis besar, kursi kerja dibagi menjadi tiga kategori menurut fungsinya yaitu Kursi Eksekutif atau Executive Chair, Kursi Staff atau Staff Chair dan terakhir Kursi Tamu atau Meeting Chair.


Executive Chair


Kursi Eksekutif, sesuai dengan namanya biasanya digunakan oleh para petinggi seperti direktur atau kepala bagian di ruangannya. Kursi ini memiliki berbagai macam pilihan bahan yang juga bisa dikombinasi sesuai dengan kebutuhan si pengguna mulai dari kulit asli, kulit sintetis, mesh nylon ataupun nylon. Jika Anda mengutamakan desain yang mewah sebagai pilihan, kursi eksekutif yang menggunakan kulit asli tipe Jowell LCD 912, Jowell LC 905 dan Jowell LC 906 dapat menjadi pilihan Anda. Untuk harga yang lebih bersahabat, kursi dengan bahan kulit sintetis seperti Jowell LCD 903 dapat menjadi pilihan lain jika Anda menyukai kesan mahal yang diberikan oleh kursi kerja berbahan kulit ini. 


executive chair

Namun untuk sebagian orang yang mudah berkeringat, kursi berbahan kulit bukanlah pilihan yang tepat karena dapat membuat si pengguna merasa tidak nyaman menggunakannya dalam waktu yang cukup lama. Jika Anda termasuk dalam kategori ini, pilihlah kursi eksekutif dengan bahan mesh nylon seperti Jowell MC 903, atau nylon seperti Jowell MC 901. Jika Anda tetap menginginkan kursi dengan bahan kulit namun ingin tetap nyaman, Anda dapat memilih kursi eksekutif Jowell LCD 902 yang menggunakan kombinasi bahan kulit pada bagian dudukan dan bahan mesh nylon pada bagian sandarannya.


Mengingat kursi tipe ini biasa digunakan oleh para boss, tentunya kenyamanan juga menjadi prioritas utama. Hampir semua sandaran punggung sengaja dibuat tinggi hingga ke bagian kepala untuk memastikan kenyamanan si pengguna. Bagian sandaran tangan dan kaki kursi juga terbuat dari besi aluminium agar kursi terlihat lebih kokoh. 


Staff chair


Lain halnya dengan kursi eksekutif, Staff Chair cenderung memiliki desain yang lebih sederhana. Tinggi sandarannya tidak sampai ke kepala, atau biasa disebut medium. Bahan sandaran dan dudukan yang digunakan pun biasanya menggunakan bahan mesh.


Mengapa menggunakan bahan mesh? Karena bahan mesh yang breathable tentunya akan jauh lebih nyaman untuk digunakan oleh para karyawan selama berjam-jam. Lubang-lubang kecil pada bahan mesh membuat punggung Anda yang mudah berkeringat saat bekerja dapat ‘bernafas’ dan tidak menyebabkan baju kerja yang Anda gunakan menjadi basah. 


Staff chair



Bagian sandaran tangan dan kaki kursi pun biasanya terbuat dari plastik nylon yang ringan dengan roda untuk membuat Anda mudah bergerak ke sekeliling Anda saat bekerja tanpa perlu berdiri dan menggeser kursi Anda. Ukuran kursi staff ini juga tergolong lebih kecil jika dibandingkan dengan kursi eksekutif. Model kursi mesh seperti Jowell MC 920 atau Jowell MC 921 sangatlah populer dan banyak digunakan oleh kantor-kantor, bahkan tidak jarang orang-orang membelinya untuk kebutuhan bekerja di rumah.



Meeting chair


Terakhir, kursi tamu atau biasa disebut Meeting Chair. Setiap hari, pasti ada begitu banyak meeting di kantor. Ruangan meeting yang disediakan di kantor pun pasti cukup banyak dan kapasitasnya berbeda-beda. Peserta meeting juga bervariasi dimulai dari tim internal hingga tamu di luar perusahaan. Jika kita menggunakan Executive Chair di dalam ruang meeting, mungkin untuk sebagian orang terasa sedikit berlebihan. Namun jika kita menggunakan staff chair di ruang meeting, rasanya masih kurang terlihat mewah dan pantas, apalagi jika dilihat oleh tamu dari luar.



meeting chair



Maka dari itu, hadirlah tipe meeting chair seperti Jowell MC 915 atau Jowell MC 919 ini. Bisa dikatakan kursi tamu ini adalah kombinasi gabungan antara kursi eksekutif dan kursi staff. Bahan sandaran atau dudukan yang digunakan biasanya adalah bahan mesh, namun kombinasi sandaran tangan dan kaki kursi nya terbuat dari besi aluminium untuk memberikan sedikit sentuhan mewah. 


Berikut ini penampakan ruang meeting yang menggunakan Executive Chair, terlihat elegan dan berkelas bukan? Jadi setiap kursi memberikan pengaruh pada ambience ruangan ataupun kantor.


executive meeting chair




Tipe kursi menurut bahannya


Seperti yang sudah disebutkan diatas, dua bahan yang cukup populer digunakan sebagai sandaran kursi adalah kulit atau leather dan jala atau mesh. Kedua bahan ini memiliki karakteristik, tingkat kenyamanan, dan cara perawatan yang berbeda, yang tentunya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Sehingga Anda harus memilih kursi yang sesuai dengan kondisi diri Anda, karena selain bentuk kenyamanan Anda juga bergantung pada bahan dari kursi yang anda gunakan.


Bahan kulit atau leather tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda karena banyak kursi lainnya seperti sofa dan juga jok mobil yang menggunakan bahan kulit. Meskipun harganya tergolong lebih mahal, kursi berbahan kulit memiliki beberapa keunggulan, diantaranya sifatnya yang timeless, mudah dibersihkan dan juga hypoallergenic


Nah, bagaimana dengan bahan mesh? Kursi kantor dengan bahan mesh mulai populer di tahun 1990-an. Ciri khas bahan ini adalah pelapis sandaran punggungnya yang memiliki lubang-lubang kecil alias jala. Dengan adanya lubang-lubang kecil ini, tentunya sirkulasi udara di sekitar tubuh saat menggunakan kursi menjadi lebih baik. Selain itu, bahan mesh juga lebih fleksibel dan ekonomis.


Jadi untuk kebutuhan office yang membutuhkan kursi kerja dalam jumlah banyak, biasanya akan condong memilih jenis Mesh Chair untuk karyawannya. Selain bahan, jenis kursi yang sesuai juga menunjang kenyamanan penggunanya.



Jenis kursi “Ergonomic”


Ketika kita berbicara soal kenyamanan bekerja, jenis Ergonomic Chair adalah jenis yang paling ideal. Dalam memilih kursi kerja, jenis kursi tentunya menjadi hal yang paling penting, tidak hanya berbicara soal desain, tapi juga kenyamanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, posisi duduk dan bentuk tubuh setiap individu yang tentunya berbeda satu dengan yang lain.


Kunci dari Ergonomic Chair adalah kenyamanan setiap saat karena tentunya dalam kurun waktu minimal 9 jam setiap harinya, seseorang yang duduk di kursi tersebut tidaklah mungkin hanya duduk dengan 1 posisi yang sama terus menerus. Ia bisa duduk dan berubah posisi dari waktu ke waktu. Disinilah kenyamanan ergonomic chair yang dimaksud. Bagaimana kursi ini dapat tetap nyaman digunakan walaupun orang yang duduk di atasnya berganti posisi terus menerus sepanjang hari. 


Ergonomic office working chair


Seperti yang dilansir dari Ergonomic Trends, faktor pertama yang harus ada pada Ergonomic Chair adalah kursi yang bisa diatur ketinggiannya. Idealnya, tinggi dudukan kursi haruslah sejajar dengan lutut Anda saat Anda berdiri berhadap-hadapan dengan kursi. Alternatif lainnya, cobalah duduk di atas kursi dan atur ketinggian kursi hingga telapak kaki sepenuhnya menyentuh lantai. Pastikan terdapat jarak sekitar 2.5cm hingga 5cm antara ujung dudukan kursi dan lutut bagian dalam saat Anda duduk. Hal ini juga menentukan kedalaman dudukan kursi yang ideal untuk tubuh Anda.


Selanjutnya adalah sandaran tangan. Mengapa hal ini penting? Karena 12% dari total berat badan kita ada di bagian ini saat kita duduk. Maka dari itu, hal ini bisa dikatakan cukup vital karena akan mempengaruhi beban yang ada pada bagian pundak dan leher jika tidak dalam posisi yang benar. Posisi tangan yang benar haruslah sejajar dengan meja saat kita sedang mengetik laptop atau komputer di atas meja. Akan lebih baik lagi jika posisi sandaran tangan dapat diputar ke samping hingga 30 derajat untuk memberikan kenyamanan saat kedua tangan sedang bertemu di tengah seperti misalnya saat sedang mengetik atau bermain handphone. Untuk Anda dengan bahu atau pundak yang lebar, carilah sandaran tangan yang juga dapat disesuaikan jaraknya satu sama lain.


Saat Anda ingin bersantai sejenak dan meregangkan punggung, tentu Anda akan rebahan di kursi. Secara otomatis sandaran kursi pun akan ikut mundur. Yang mungkin tidak Anda ketahui adalah mundurnya sandaran kursi ini dibagi menjadi 2 yaitu tilting dan reclining. Apa sih bedanya? Perbedaannya terletak pada dudukan kursi yang ikut berubah posisi atau tidak saat Anda bersandar. Jika ya, maka itu disebut dengan tilting. Jika tidak, maka disebut reclining. Secara umum, tilting lebih banyak ditemukan pada Ergonomic Chair. Namun reclining juga memiliki kelebihan yaitu posisinya yang bisa lebih bersandar dibandingkan tilting sehingga cocok untuk Anda yang ingin short nap tanpa perlu pindah ke tempat lain. 


Sitting anatomy


Salah satu hal penting lainnya adalah lumbar support yang juga bisa disesuaikan. Nama lain dari lumbar adalah lower back atau punggung bagian bawah. Bagian ini adalah bagian tubuh yang paling sering dikeluhkan oleh para pekerja kantoran yang sering menghabiskan waktunya dengan duduk di kursi selama berjam-jam. Inilah alasan mengapa lumbar support menjadi hal yang kritikal untuk diperhatikan. Coba duduki langsung kursi untuk mencari lumbar support yang nyaman sesuai dengan bentuk tubuh Anda. Pastikan juga bentuk dudukan kursi agak turun ke bawah untuk mengurangi tekanan pada bagian paha bawah dan melancarkan sirkulasi darah ke bagian bawah kaki. 


Faktor lain yang menentukan kursi termasuk Ergonomic Chair atau tidak adalah roda kursi. Jenis roda kursi dapat disesuaikan dengan lantai tempat Anda akan menggunakan kursi tersebut. Roda yang keras cocok digunakan untuk lantai karpet. Roda dengan permukaan yang lebih lembut cocok digunakan untuk lantai kayu ataupun keramik. Sementara roda berbahan karet cocok digunakan untuk segala jenis permukaan lantai.


Setelah membaca penjelasan tim Jowell diatas, tentunya Anda sudah tidak bingung lagi untuk menentukan kursi kerja seperti apa yang tepat untuk Anda kan? Nah, selama bulan Ramadhan, Jowell.id mengadakan RAMADHAN EXTRA SALE yang berbeda-beda setiap minggunya dalam akun Instagram Jowell.id dan anda dapat melakukan pembayaran hingga cicilan 0% melalui Official Store Jowell di Tokopedia. Jangan lewatkan kesempatan ini dan temukan kursi terbaik untuk anda. Happy hunting!